SELAMAT DATANG
Ahlan Wa Sahlan
Diberdayakan oleh Blogger.

Berimajinasi itu Sehat

Selasa, 27 September 2011


Setiap mahluk yang berakal tentu menggunakan akalnnya untuk berfikir. Imajinasi adalah salah satu proses berfikir, namun imajinasi adalah berfikir yang diiringi dengan  adannya rasa terdalam yang  lahir dari lubuk hati. dapat dikatakan berimajinasi adalah gabungan antara hati dan akal. Dengan hati dapat merasakan, dengan akal dapat memikirkan.

Didalam Islam ada sebuah konsep yang tertinggi didalam beribadah kepada Allah. yaitu Ihsan yang ma’nanya adalah beribadah kepada Allah seakan-akan  melihatnnya dan apabila tidak maka seakan-akan dilihat olehNya.

Ihsan adalah salah satu metode berimajinasi, bahkan ini adalah konsep imajinasi yang paling tinggi, karena imajinasi dari ihsan menghubungkan antara hamba dengan tuhannya. Tuhan yang goib ( tidak terlihat ) seakan-akan terlihat didepan mata, ataupun merasa dilihat oleh tuhan, berpandang-pandangan denganNya.

Konsep ini melahirkan akan mahabbah kepada Allah, yaitu cinta yang sangat mendalam. Sehingga melahirkan akan ketenangan yang melimpah ruah didalam kehidupan ini. Tidak akan  ada orang yang merasa tertekan akan himpitan kehidupan dunia. Karena dunia adalah permain dan sendagurau, sedangkan hakekat kehidupan dan seluruh urusan diserahkan kepada tuhan Yang Maha Kuasa, yang memegang jiwa manusia dan seluruh urusannya.

Ternyata berimajinasi juga menyehatkan badan, karena konsep ini melahirkan mahabbah yang sangat tinggi, dengan mahabbah maka lahirlah ketenangan yang mendalam didalam jiwa, maka ketenangan dan ketentraman ini mempengaruhi akan kesehatan tubuh. Berbeda dengan seseorang yang selalu dilanda masalah, maka kehidupannya akan terasa  tidak menyenangkan, dunia yang luas terasa sempit, segala  sesuatu yang menyenangkan terasa membosankan.

Hidup tanpa tujuan adalah kematian, hidup tanpa tuhan adalah kesombngan, hidup tanpa ibadah kepada Allah adalah menyakitkan, sakit  akan tiada ketengan, sakit akan azab yang akan datang. Bukankah kehidupan dialam dunia sangatlah singkat, kehidupan yang nyata ada dialam akhirat nanti.  Yaitu di syurga bersama  Anbiya’,  Syuhada’ dan shalihin. Semoga kita termasuk didalamnya Amin.
Share this article on :

1 komentar:

Sepeda mengatakan...

Keren blognya

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Terus Belajar All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.